Tips Perawatan Motor Matik


Tips Perawatan Motor Matik

Perawatan motor matik berbeda dengan motor biasa. Jika motor sudah mulai bikin onar (rewel, red), bisa jadi karena kelalaian Anda yang kurang rutin memperhatikan kekasih Anda ini. Selain memperhatikan karburator, motor tipe matic ini juga perlu perhatian khusus antara klep dan V Belt.

Harga spare part motor matik cukup menguras kocek (mahal, red). Jadi sebaiknya Anda rutin melakukan service berkala pada kendaraan Anda ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar matic Anda tetap prima, diantaranya:
  • Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik choke dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembailkan choke ke posisi semula dan motor siap dijalankan.
  • Lakukan service umum rutin dua (2) bulan sekali, cek karburator, busi, rantai dan buka filter udara.
  • Perhatikan V Belt yang letaknya disamping roda, servislah setiap 10.000 km dan gantilah setiap 25.000 km.
  • Oli mesin sangat penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Gantilah oli mesin setian 2.000 km, jangan menunggu sampai pelumas berwarna kehitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
  • Service karburator tiap tiga (3) bulan sekali. Klep juga wajib dibersihkan setiap 15.000 km agar mesin selalu dalam keadaan bagus, tidak ngadat (mogok, red).
  • Sebaiknya service motor di bengkel resmi.
  • Gunakan selalu spare part asli, lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama, daripada memakai yang tidak asli, meski lebih murah tetapi tidak memuaskan dan tidak tahan lama.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua. Aaamiiiin......!!!!

sumber : Kompas Klasika | Selasa, 19 Juli 2011 | hal 45 | Tips Perawatan Yamaha Mio

Komentar

Postingan Populer