Tips Perawatan Motor Matik
Tips Perawatan Motor Matik
Perawatan motor matik
berbeda dengan motor biasa. Jika motor sudah mulai bikin onar (rewel,
red), bisa jadi karena kelalaian Anda yang kurang rutin memperhatikan
kekasih Anda ini. Selain memperhatikan karburator, motor
tipe matic ini juga
perlu perhatian khusus antara klep dan
V Belt.
Harga
spare part motor matik
cukup menguras kocek (mahal,
red). Jadi sebaiknya Anda rutin melakukan service berkala pada
kendaraan Anda ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar matic
Anda tetap prima, diantaranya:
- Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik choke dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembailkan choke ke posisi semula dan motor siap dijalankan.
- Lakukan service umum rutin dua (2) bulan sekali, cek karburator, busi, rantai dan buka filter udara.
- Perhatikan V Belt yang letaknya disamping roda, servislah setiap 10.000 km dan gantilah setiap 25.000 km.
- Oli mesin sangat penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Gantilah oli mesin setian 2.000 km, jangan menunggu sampai pelumas berwarna kehitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
- Service karburator tiap tiga (3) bulan sekali. Klep juga wajib dibersihkan setiap 15.000 km agar mesin selalu dalam keadaan bagus, tidak ngadat (mogok, red).
- Sebaiknya service motor di bengkel resmi.
- Gunakan selalu spare part asli, lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama, daripada memakai yang tidak asli, meski lebih murah tetapi tidak memuaskan dan tidak tahan lama.
Semoga
tips ini bermanfaat bagi kita semua. Aaamiiiin......!!!!
sumber
: Kompas Klasika | Selasa, 19 Juli 2011 | hal 45 | Tips Perawatan
Yamaha Mio
Komentar
Posting Komentar
Apapun pendapat Anda pasti akan sangat berharga