New SAKPOLE : Mengenal Update Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Jawa Tengah

Bulan ini adalah bulan dimana jatuh tempo pajak kendaraan bermotor milik saya. Sudah beberapa kali saya melakukan metode pembayaran melalui aplikasi e-Samsat Sakpole untuk wilayah Jawa Tengah. Karena tempat kerja saya jauh dari domisili asli, bahkan saat dirumah pun saya lebih memilih bayar lewat samsat keliling yang setiap satu minggu sekali parkir di kecamatan karena juga jauh dari rumah. Mungkin ini adalah yang ketiga kalinya saya melakukan pembayaran melalui e-samsat.

Begitu teringat masa STNK yang sudah hampir habis, lalu saya buka aplikasi Sakpole namun ada notifikasi bahwa aplikasi pindah ke New SAKPOLE. Jadi ini bukan update aplikasi, tapi langsung ganti aplikasi dan aplikasi yang lama sudah tidak bisa dipakai.

Langsung meluncur ke Playstore lalu ketik New SAKPOLE dan lihat review pengguna, kenapa ratingnya rendah sekali. Untuk aplikasi pelayanan publik 3.4 itu rendah sekali menurut saya. Setelah lihat beberapa komentar, memang yang baru ini agak ribet katanya atau bisa saya bilang itu lebih teliti khususnya untuk verifikasi data. Karena saya penasaran langsung saja klik Install.

Ini adalah halaman Plasystore :

Berikutnya adalah halaman beranda pada aplikasi New SAKPOLE :
Terdapat tiga langkah utama dalam melakukan transaksi melalui e-samsat New SAKPOLE ini, yaitu :

  1. Pendaftaran
  2. Pembayaran
  3. Pengesahan
Berikut adalah halaman pendaftaran :

Sebenarnya tidak seribet itu juga jika kendaraan tersebut adalah pemilik pertama atau ke-1 dan sesuai dengan identitas KTP nya. Pada proses ini membutuhkan satu hari kerja untuk proses verifikasi pendaftaran. Dan menurut saya itu masih wajar, mengingat proses pendaftaran itu memang sangat penting. Maka, untuk kedepannya dalam proses jual beli kendaraan bermotor sebaiknya segera dilakukan mutasi kepemilikan. Dan pemerintah juga harusnya mempermudah proses mutasi kendaraan bermotor khususnya dalam hal biaya 😅.

Berikutnya adalah menu Status Pendaftaran.
Jangan lupa untuk sering memeriksa status pendaftaran saudara, bisa jadi proses lebih cepat dari biasanya. Sebab masa berlaku verifikasi pendaftaran setelah berhasil diverifikasi, dalam kasus saya hanya dua hari setelah pendaftaran. Kalau sudah ter-verifikasi langsung menuju ke menu Pembayaran untuk mendapat kode pembayaran.

Berikut adalah daftar metode pembayaran :
Selain daftar di atas, beberapa metode pembayaran yang belum ke screenshot adalah  pembayaran melalui : 
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Kantor Pos
  • Tokopedia
  • GoTagihan (Gopay)
Saya sudah coba beberapa metode pembayaran, awalnya coba pakai GoTagihan namun ada admin sebesar Rp5.000,-. Akhirnya saya pakai pembayaran via ATM BCA dan alhamduliah, sama saja. Malah capek keluar ke ATM segala. Jadi tagihan yang keluar belum termasuk biaya administrasi.


Setelah proses pembayaran selesai dan ter-verifikasi, silahkan menuju ke halaman pengesahan. Saya masih sampai proses ini. Mungkin besok atau hari kerja berikutnya sudah terverifikasi. Jika pengesahan sudah terverifikasi, silahkan unduh lalu datang ke Samsat setempat untuk mendapatkan cetakan STNK yang baru. Semoga sukses ! 



 

Komentar

Postingan Populer