Cara Mengenali SCAM - Bag.1

Beberapa hari yang lalu skitar minggu ke-2 bulan September 2011, referal saya berbagi cerita. Pernah ada pihak sponsor yang ingin merekrut menjadi referalnya, namun ternyata setelah di-search orang tersebut merupakan salah satu dari scam. Beruntunglah referal saya orangnya sangat berhati2. Berikut adalah rekaman jejak atau trik yang sebenarnya mudah untuk dikenali dari orang tersebut.
  • Pertama orang tersebut meminta tranfers sebesar $100,guna aktivasi akun. pertama memang belum terlihat sikap scam-nya, karena itu merupakan syarat mutlak dalam investasi.
  • Kemudian orang tersebut menghubungi lagi via ponsel maupun chat untuk segera tranfers guna aktivasi,(kecurigaan mulai muncul, ada apa dan kenapa, siapa, ?begitulah sekiranya dalam benak teman saya).
  • Sambil mencari beberapa info dibergai forum, fb, dan ruang publik lainya temen saya bilang, "saya lagi ada $50?" scammer kemudian menjawab : "gak apa-apa,, nanti kekurangannya bisa menyusul, yang penting seadanya dulu berapa gitu gan..?"{(...wah hebat scammernya berani 'tombok') kecurigaan mulai bertambah}
  • Scammernya juga bilang bahwa dia punya $3000 di speedcahsnya (Speedline-inc)dan ditawarkan untuk dijual..., {seorang investor punya uang nggangurrrrr di speedcash sebesar $3000,...,coba kalian pikir dan bayangkan, jika kalian punya uang sbesar segtu d speedcash?apa nggak rugi...kalau itu akun buat exchanger ya wajar aja, tapi....NGANGGUR DI SPEEDCASH?}
  • komunikasi terus berlanjut sambil menunda dengan mencari berbagai info, dengan dalih mati lampu (kebiasaan PLN kita), dsb
  •  setelah ingat dan dicari diberbagai forum ternyata kantornya tersebut hanyalah bengkel..
  • {guna kepentingan publik, nama dan progam kami sembunyikan agar tidak melanggar undang-undang pencemaran nama baik.}hehehehe...
Berikut adalah beberapa langkah yang harus dipertahankan dalam progam investasi :
  1. Berhati-hatilah sebelum bertindak, kenali langkah-langkah publisher atau sponsor Anda.
  2. Dari cerita pengalaman tersebut, kita hendaknya turut gabung diberbagai forum {seperti fb dan frum-forum etis lainnya,..insyaAllah itu sangat membantu}, jangan malu untuk menanyakan apakah web atau progam tersebut trusted (dapat dipercaya). Terkadang suatu progam investasi itu sebenarnya trusted, hanya saja referal yang ingin meraup untuk saja kemudian memanfaatkannya dan timbullah SCAM.
  3. Jalin silaturrahmi dengan rekan bisnis. Setiap orang yang sudah niat terjun dalam progam invest pasti tidak hanya punya / ikut dalam satu progam saja,...barang kali referal Anda punya bnyak pengetahuan. jangan segan-segan curhat kepadanya. mungkin nasihat yang bijak akan Anda peroleh darinya.
  4. Jangan tergiur dengan lagunya Ari Lasso (Rayuan Gombal). banyak sekali scam yang menawarkan cashback yang begitu menggiurkan. sperti halnya dikasih money return sebesar $5-10 per day. Jaman sekarang brooo...hanya mbah dukun yang berani ngasih uang sebanyak itu. lawong Gayus aja ketipu dukun peng-ganda-an uang.wueeeek...tapi nggak sedikit pula dengan tawaran yang wajar,ternyata juga scam. maknya kita tingkatkan kewasdaan kita. Waspadalah...!!!(kata bang napi)
  5. Selalu update informasi. walaupun kita sudah yakin bahwa progam invest yang kita ikuti itu aman,tapi perlu diketahui bahwa itu tidak selamanya. semakin hari semakin cinta itu kalau dalam lagu, tapi didunia bisnis lain kata, yaitu "semakin hari semakin bahaya". itulah kejahatan walau bagaimanapun setan selalu menang duluan. tapi apa mau nunggu uang habis dl digondol setan (..eh, scam mksdnya). Makanya kita ngga boleh ketinggalan info bro,..ikuti terus forum2 yang terkait denga progam invest Anda.
  6. Pakai Komputer Sendiri. Ada-ada aja untuk pergi menjadi hacka-hacka bento..(aslinya mau mleset ke hocka2 bento, tp kedenger memaksa,hehehe.). itulah hacker yang suka mencuri walaupun data ter-encrypted  sekalipun. Apalagi yang hanya tersimpan dihistory brower bawaan. adik saya pun juga bisa. Maka kita perlu hati-hati waktu login apalagi pinjam kompi temen. data selancar kita masih tersimpan disana bro. untuk itu sangat disarankan untuk memakai menu Private Browsing saat ita pinjam kompi temen maupun diwarnet. dan hapus segera semua history sebelum kita pulang.
  7. Private Browsing, adalah cara ber-internet agar  history sperti bookmark paswwd dan data-data filform tidak tersimpan dalam Browser. Hal ini bertujuan agar data kita aman tidak dicuri oleh pihak yang bertanggung jawab untuk memakai saja tapi tidak mau mengembalikan punya kita. Dsetiap Browser insyaAllah ada menu ini.jadi peggunaan menu ini sangat disaraklan walaupun dikompi sendiri.
Sementara itu dulu gan, lain kali saya berbagai cerita lagi insyaAllah dalam umur yang panjang. Bagaimana denga ceritamu. Ayo Berbagi cerita.

Komentar

Postingan Populer