Tips : Sukses Setting Kartu Smartfren 4G Advance di Redmi Note 2


Tips ini bermula ketika saya baru membeli Kartu Perdana Smartfren LTE Advance tidak muncul signalnya. Kemudian saya cari beberapa sumber juga belum ketemu solusinya yaitu dengan menekan tombol dial phone *#*#4636#*#* kemudian setting pada bla..bla...bla...., "apa yang terlewatkan dari tutorial tersebut" gumam saya.
Kesokan harinya buka digrup facebook, ternyata membutuhkan setting lokasi. dan akhirnya bisa juga. Berikut tutorial lengkapnya :
  1. Atur Lokasi : pindah lokasi ke Hongkong atau India, atau silahkan coba-coba dengan lokasi lainnya. Langkah ini tidak wajib jika tanpa setting lokasi RN2 Anda bisa langsung work dengan langkah berikutnya setelah ini. Dan berdasarkan RN2 saya ini merupakan langkah wajib.
  2. DIAL *#*#4636#*#* : ini adalah shortcut yang sebenarnya bisa juga diakses melalui setting->about kemudian tekan beberapa kali pada -> Internal Memmory biasanya sampai 5x atau lebih. 
  3. Pilih "Informasi Telepon" yang sesuai dengan dimana kartu smartfren diletakkan. Biasanya dan direkomendasikan  diletakkan di SIM 1.  
  4. Pilih LTE Only, karena kartu smartfren ini tidak bisa untuk melakukan panggilan maupun SMS. Matikan Radio (Turn Off Radio) sesaat lalu Hidupkan (Turn On) lagi jika Signal belum juga muncul setelah diubah ke LTE Only (Kadang hal ini juga tidak perlu, seperti kasus RN2 saya).
  5. Jangan direeboot ! Seperti pada RN2 saya, biasanya setting ini akan kembali ke default yaitu prefered LTE/GSM. Jika terpaksa dilakukan reboot seperti saat penggantian kartu, lakukan langkah seperti awal.

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai kartu smartfren pada Xiaomi Redmi Note 2 sebaiknya pastikan dulu apakah jaringan ditempat Anda sudah tercover pada Band 40 (2300).
memang pada umumnya smartfren sudah memakai teknologi LTE Advance yaitu menfaatkan dual chanel secara bersamaan yaitu pada 850MHz dan 2300MHz. Namun bisa jadi ditempat Anda masih menggunakan frekuensi 850MHz. Untuk mengatahuinya Anda bisa langsung contact person di @smartfrencare.
Semoga Bermanfaat

Komentar

Postingan Populer