Pembebanan Biaya Overhead

FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM PEMILIHAN
TARIF BIAYA OVERHEAD
Jenis tarif overhead berbeda tidak hanya dari suatu perusahaan ke perusahaan lain, tetapi juga dari suatu departemen, pusat biaya, atau tampat penampungan biaya ke departemen, pusat biaya, atau tempat penampungan biaya lain di dalam suatu perusahaan. Paling tidak ada lima faktor yang mempengaruhi pemilihan tarif overhead. Kelima faktor tersebut adalah sebagai berikut :

I. Dasar Yang Dapat Digunakan


Faktor yang diukur sebagai denominator dari tarif overhead disebut sebagai dasar tarif overhead, dasar alokasi overhead, atau dasar. Pemilihan dari dasar ini adalah penting jika suatu sistem biaya akan menyediakan data biaya yang berarti. Tujuan utama dalam pemilihan dasar adalah untuk memastikan pembebanan overhead dalam proporsi yang wajar terhadap sumber daya pabrik tidak langsung yang digunakan oleh pesanan, produk, atau pekerjaan yang dilakukan.

Biasanya dasar ini sebaiknya berhubungan erat dengan fungsi yang diwakili oleh biaya overhead yang akan dibebankan. Jika overhead hamper seluruhnya berorientasi pada tenaga kerja dan didominasi oleh biaya seperti supervise dan tunjangan, maka dasar yang sesuai mungkin adalah biaya tenaga kerja langsung atau jam tenaga kerja langsung. Jika item-item overhead sebagian besar berorientasi pada teknologi, yang diakibatkan oleh kepemilikan dan operasi dari mesin, maka dasar jam mesin mungkin yang paling sesuai. Apabila overhead sebagian besar berorientasi pada bahan baku, maka biaya bahan baku mungkin sesuai digunakan sebagai dasar. Analisis korelasi adalah berguna dalam pemilihan dasar.

Tujuan kedua dalam pemilihan dasar adalah untuk meminimalkan biaya dan usaha klerikal. Ketika dua atau lebih dasar tersebut menghasilkan pembebanan overhead pabrik yang hampir sama untuk setiap pesanan atau produk, maka dasar yang paling sederhana dan paling mudah diukurlah yang sebaiknya digunakan. Meskipun biaya untuk mengelola sebagai metode berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, dasar biaya tenaga kerja langsung dan dasar biaya bahan baku langsung cenderung menghasilkan usaha klerikal yang paling sedikit, karena data yang diperlukan telah diakumulasi untuk alas an yang lain, dan dengan demikian langsung tersedia. Dasar jam tenaga kerja dan jam mesin pada umumnya memerlukan tambahan pekerjaan klerikan karena usaha tambahan yang diperlukan untuk mengumpulkan data.

  • Output Fisik
  • Dasar Biaya Bahan Baku Langsung
  • Dasar Biaya TKL
  • Dasar  Jam TKL
  • Dasar Jam Mesin
  • Dasar Transaksi

Komentar

Postingan Populer